Minggu, Desember 14, 2008

Legenda Ragnarok



Sangkakala perang besar ini akan diawali oleh beberapa pertanda, antara lain adalah datangnya 3 musim dingin berat berturut-turut tanpa ada jeda di antaranya. Pertengkaran dan permusuhan akan terjadi di antara keluarga , dan sahabat;
tidak akan ada lagi moralitas dan keadilan di masyarakat.

Lalu 2 ekor serigala Skoll dan Hati yang selalu mengejar bulan dan matahari akan berhasil menangkap mereka dan memakannya,
bintang-bintang akan memghilang dari langit
Dunia akan dilanda kegelapan total.

Berikutnya 2 ekor ayam jantan milik dewa dan raksasa akan berkokok memberitahu majikan masing-masing,
sedangkan ayam jantan ketiga akan berkokok untuk membangkitkan yang telah mati. Selanjutnya akan ada gempa kuat yang mengguncang bumi. Akibat goncangan ini akan melepaskan serigala raksasa Fenrir dari kurungan rantainya di dasar bumi.

Jormundgand ular Midgard yang besar akan bergerak ke daratan. Dalam usahanya mencapai daratan ini dia akan mengakibatkan beberapa bencana, di antaranya bisa racunnya yang dikeluarkan setiap hembusan napasnya akan meracuni langit dan tanah.

Dan gelombang besar yang diakibatkan oleh gerak tubuhnya akan membawa keluar kapal perang besar milik kaum Raksasa yaitu Naglfar.
Kapal ini dikomandoi oleh raksasa laut Hymir,
dengan body kapal yang terbuat dari kuku-kuku manusia yang telah mati.
Di bagian lain dari dalam Nifleheim sendiri akan meluncur sebuah kapal yang mengangkut semua penghuni neraka termasuk seekor anjing raksasa bermata empat dan tubuh yang berlumur darah yaitu Garm, anjing penjaga neraka. Kapal perang ini dipimpin oleh Loki yang telah bebas, dan bersumpah untuk membalas dendam atas penderitaannya selama di neraka. Dari bagian selatan Muspellheim,
Surt raksasa api dan semua pengikutnya akan berangkat juga.
Surt membawa pedang besarnya yang terbuat dari api dan memancarkan cahaya lebih menyilaukan dari matahari.

Di Asgard sendiri, Heimdall yang melihat semua ini akan membunyikan tanda memanggil semua anak Odin dan para dewa lainnya.
Dari Valhalla akan berbaris delapan ratus orang Einherjar untuk bergabung dengan para dewa. Semua makhluk hidup baik itu dwarf, elf, raksasa, manusia, dan dewa akan menuju padang Vigrid untuk menghadapi pertempuran yang akan mengakhiri segalanya.

Para dewa akan menghadapi musuh bebuyutan mereka masing-masing.
Pertarungan dua makhluk terkuat ini mengingatkan kita tentang kemiripan dengan mitos Yunani, tentang perang dewa-dewa Olympus dengan kelompok raksasa Titan. Atau mungkin juga dengan cerita mitologi dari India yang juga mirip. Mungkin memang hanya para raksasalah yang merupakan lawan sepadan dengan dewa..

Begitu mereka semua berkumpul di padang besar Vigrid, perang langsung dimulai.
Surt segera mencari Freyr yang tidak memiliki senjata.
Dewa ini akan langsung terbunuh oleh serangan Surt.
Sementara itu . dewa perang Tyr walaupun hanya memiliki sebelah tangan, tapi dia sanggup bertarung dengan anjing neraka GarmTyr akan keluar sebagai pemenang dalam pertarungan handicap ini, tapi sayangnya dia juga harus mati oleh luka-lukanya.

Thor sendiri akan mencari Jormundgand untuk menghabisinya.
Duel Thor dengan Jormundgand berlangsung seru, dimana akhirnya Thor berhasil membunuh ular beracun ini.
Tetapi sama dengan Tyr dia juga harus mati perlahan lahan karena bisa racun Jormundgand yang mematikan.

Loki dilain pihak akan berhadapan dengan Heimdall rival beratnya.
Heimdall yang selalu menggagalkan setiap usaha Loki untuk melarikan diri dari tindak kejahatannya dahulu.
Pertempuran ini adalah paling seru karena keduanya sudah saling memendam kebencian yang amat sangat.
Tetapi keduanya akan sama-sama mati dalam pertarungan ini.

Pertarungan yang tidak kalah serunya terjadi antara Odin dengan serigala raksasa Fenrir.
Duel di antara mereka berlangsung siang dan malam selama berhari-hari lamanya.
Odin yang bersenjatakan Gungnir akan menghadapi Fenrir yang memiliki taring-taring yang tajam dan tenaga yang kuat.

Setelah beberapa hari bertarung Odin akhirnya kalah di tangan Fenrir.

Serigala ini kemudian melahap tubuh Odin dengan mulutnya yang besar. Vidar, dewa pembalasan dendam dan juga anak Odin, melihat kejadian ini. Dengan kemarahan yang membara, dia segera melompat ke arah Fenrir. Dengan hanya menggunakan kedua tangannya dia merobek-robek rahang Fenrir yang seketika membunuh makhluk ini.

Setelah perang berlangsung sekian lama, raksasa api Surt tanpa memperdulikan lawan atau kawan akan menyulut api pada pohon Yggdrasil. Dengan pedang apinya tersebut dia mulai membakar seluruh dunia menghabisi semuanya, membuat dunia ini tenggelam ke lautan. Hanya sedikit makhluk hidup dan dewa yang akan selamat.

Di antara yang selamat itu ada dua orang manusia yaitu Lif dan Lifthrasir. Menurut cerita mereka bisa selamat dari kehancuran dunia karena melarikan diri ke Hodmimir Forest. Satu-satunya tempat yang tidak dapat dijangkau semburan pedang api milik Surt. Mereka berdua tertidur selama sisa perang Ragnarok.

Begitu terbangun mereka akan menjadi cikal bakal manusia baru di dunia ini. ( familiar dengan cerita ini ? mirip sama kisah di Evangelion kan ? )Dari sesuatu yang hancur selalu muncul sesuatu yang baru dan berguna. Demikian juga akhir dari Ragnarok adalah awal dari dunia yang baru. Padang-padang rumput menghijau kembali, tanah menjadi subur, sumber daya alam melimpah.

Era baru dewa-dewa dimulai di antaranya terdapat Vidar yang berhasil selamat. Manusia dan dewa serta makhluk hidup lainnya akan hidup harmonis dan berdampingan semua kebencian akan sirna. Mitos tentang Ragnarok biasanya hanya sampai di sini, tidak pernah diberitahukan lagi apakah ribuan tahun mendatang akan muncul kembali kejadian serupa.

4 komentar:

piitaa_m0edz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

great story :)

Anonim mengatakan...

makasih untuk infonya ><

john mengatakan...

nice

Posting Komentar

Give A comment please ^.^

Duit Gratis LANGSUNG !!

Join Vinefire!